Senin, 27 April 2015

MENGATASI DAN MENCEGAH CACING PADA KUCING


http://meeowhouse.blogspot.com/
MENGATASI DAN MENCEGAH CACING PADA KUCING

Sebagian besar obat cacing hanya dapat membasmi cacing dengan jalan merusak sistem syaraf cacing. Obat cacing tidak membasmi telur cacing. Oleh karena itu, pemberian obat cacing perlu diulang dalam jangka waktu tertentu agar cacing yang baru menetas dari telur dapat segera dibasmi sebelum menjadi dewasa dan menghasilkan telur cacing baru. 




Jenis Obat Cacing:

1. Obat cacing yang mengandung bahan aktif pyrantel, febendazole, mebendazole dan febantel hanya dapat merusak sistem syaraf cacing gelang. Obat-obat ini tidak berpengaruh terhadap cacing pita.
2. Obat lain yang sering digunakan untuk membasmi kutu dan tungau adalah suntikan ivermectin. Obat ini sering salah kaprah disebut suntik jamur. Ivermectin  juga dapat digunakan untuk membasmi cacing gelang, tetapi tidak berpengaruh terhadap cacing pita.
3. Cacing pita pada kucing hanya dapat dibasmi dengan obat yang mengandung prazyquantel atau dichlorphen.
4. Combantrin mengandung bahan pyrantel, hanya dapat membasmi cacing gelang.
5. Vermox mengandung bahan mebendazole, hanya dapat membasmi cacing gelang.
6. Drontal Cat mengandung bahan pyrantel dan prazyquantel. Paling baik digunakan pada kucing, Dapat membasmi cacing pita dan cacing gelang.
7. Drontal Plus mengandung bahan prazyquantel, pyrantel dan febantel. Biasa digunakan pada anjing, bisa juga diberikan pada kucing dengan dosis yang disesuaikan. Namun jangan diberikan pada kucing yang sedang bunting karena dapat menyebabkan janin kucing cacat.

Tips memberi obat cacing pada kucing:

1. Konsultasikan dosis masing-masing obat cacing pada dokter hewan.
2. Hindari memberikan obat cacing pada kucing bunting.
3. Pemberian obat cacing sebaiknya dilakukan sebeLum kucing kawin atau setelah melahirkan.
4. Cacing pita dapat menyebar melalui gigitan pinjal. Oleh karena itu program pemberian obat cacing harus berjalan bersamaan dengan program pembasmian pinjal kucing. Obati semua kucing yang berada dalam satu ruangan, karena pinjal dapat pindah ke kucing lain yang berbeda kandang.
5. Pemberian obat cacing dilakukan bersamaan dengan obat anti kutu seperti frontline cat spot on (obat tetes) atau suntikan ivermectin. Dilakukan 2-3 kali berturut-turut dengan selang waktu 3-4 minggu.

Mencegah kucing cacingan:

1. Sebagai pencegahan, beri obat cacing pada kucing secara 2-4 kali setahun, setiap pemberian obat diulang dua minggu kemudian. Frekuensi pemberian tergantung kondisi kucing dan lingkungan. Kucing yang biasa bermain di kebun atau outdoor sebaiknya lebih sering diberi obat cacing.
2. Jaga  selalu kebersihan kandang , pasir kucing diganti dengan yang baru [usahakan satu kucing satu kotak pasir.
3.     Jaga kebersihan kucing , mandikan kucing secara rutin .



http://meeowhouse.blogspot.com/
Meeow House


Sumber : dari berbagai sumber

Like for like : https://www.facebook.com/meeowhouse


thumbnail Title : MENGATASI DAN MENCEGAH CACING PADA KUCING
Posted by : MEEOW HOUSE
Published : 2015-04-27T15:45:00+07:00
Rating : 5
Reviewer : 99999 Reviews