Selasa, 07 April 2015

SCABIES PADA KUCING


http://meeowhouse.blogspot.com/
SCABIES PADA KUCING

Scabies ini termasuk penyakit yang paling sering menyerang kucing . Penyakit scabies ini disebabkan oleh parasit tungau (sarcoptes scabiei.). Ciri ciri kucing yang terjangkit scabies mulanya sering menggaruk garuk dibagian kepala. Kemudian mulai dari kuping muncul bercak kerak kulit yang mati dan membotak.


Jika dibiarkan akan semakin menyebar ke seluruh muka kucing. Terkadang kita salah kaprah antara scabies dengan ringworm. Cara yang paling gampang untuk membedakannya adalah , jika scabies terletak dipinggir kuping kita kerok2 pelan, maka kulit mati yang tampak seperti ketombe terangkat hingga menimbulkan luka lecet.


Cara mengatasinya  

Segera pisahkan kucing yang terkena gejala scabies karena penyakit ini menular.
Mandi dengan shampo yang mengandung sulfur. Mandikan kucing dengan shampoo/sabun yang mengandung sulfur, kemudian dicelup (dip) dengan cairan sulfur 2-3 %. Bilas dan rendam tubuh kucing yang sakit selama 10–15 menit. Ulangi cara ini 2–3 kali dengan interval waktu satu minggu sampai sembuh. Mandi dan dip sulfur dilakukan setiap tujuh hari sampai sembuh. Setidaknya diperlukan 6-8 kali mandi hingga penyakit sembuh.
Sebelum diobati bagian luka dioles dahulu dengan alkohol 70 %. Alkohol dapat membunuh tungau penyebab penyakitnya.

Salep yang mengandung Permethrin 5%, Gamexane (gama Benzene Hexachloride) 1%, atau derma tech. Obat ini efektif dan aman digunakan dalam terapi manajemen scabies. Permethrin 5% cream bisa diaplikasikan sekali untuk 12 jam atau sulfur 5% – 6% dalam petrolatum diaplikasikan setiap malam selama 3 malam. Pasien akan terus mengalami gatal-gatal selama beberapa minggu setelah pengobatan. Bisa digunakan triamcolone 0,1% cream untuk mengobati dermatitisnya.

Cara alami yang saya sudah praktekan adalah dengan menggunakan minyak VCO. Minyak ini dioleskan pada bagian yang terkena scabies. Sangat manjur dan sangat sangat aman terutama bagi kucing yang hamil ,menyusui dan kitten. Selain vco juga bisa mengunnakan PROPOLIS, cara penggunaannya sama dan sama2 aman.

Kemudian cara yang paling ampuh adalah dengan memberikan suntikan anti scabiesis. Obat yang disuntikkan adalah obat golongan avermectin, seperti ivermectin, doramectin atau selamectin. Penyuntikan dilakukan dua kali dengan selang waktu dua minggu. Penyuntikkan ini harus juga dilakukan pada kucing lainnya apabila terdapat beberapa ekor kucing dalam rumah. Meskipun kucing yang lain tidak terkena penyakit. Apabila kucing yang lain tidak diberi suntikan, ada kemungkinan terjadi infeksi ulang dari kucing yang lain yang tidak diobati, yang menyebabkan penyembuhan menjadi tidak pernah tuntas. Serahkan semua pada dokter hewan : )

 Untuk pencegahan , jaga kebersihan kandang kucing kita dan rajin membersihkan kotoran nya. Jangan lupa untuk groming secara teratur agar kucing terjaga kebersihanya .

MEEOW HOUSE
thumbnail Title : SCABIES PADA KUCING
Posted by : MEEOW HOUSE
Published : 2015-04-07T22:27:00+07:00
Rating : 5
Reviewer : 99999 Reviews