Senin, 20 Oktober 2014

Vaksinasi Kitten / Anakan Kucing


http://meeowhouse.blogspot.com/
Anakan Kucing

Umur 2 bulan Kitten atau anak kucing mengalami penurunan metablisme ketahanan tubuh. Kitten dalam masa ini mulai memasuki masa rentan karena imunitas yang berasal dari induk berangsur berkurang.



     Makanya mulai pada usia dua bulan, Kitten harus mendapatkan stimulus pertahanan tubuh dari luar baik berupa makanan, obat cacing maupun vaksin. Mencegah lebih baik daripada mengobati kan sobat CLs?. Untuk itulah saya membuat tulisan berkaitan tentang vaksin ini agar semua Cat Lovers yang pemula dalam dunia kucing tau lebih banyak tentang kucing baik untuk Kitten maupun Adult, bukan bermaksud menggurui namun hanya berniat untuk membagi informasi yang ada.


8 - 10 Minggu (2 Bulan+)
     Kitten usia 8 - 10 minggu wajib di vaksinasi. Secara alami kucing memang mendapatkan sistem kekebalan tubuh yang diwariskan dari induknya. Namun memasuki masa ini, maternal antibody yang didapatkan dari induk mulai berkurang. Ini membuat resiko terserang penyakit-penyakit berbahaya sangat tinggi terutama bagi kucing ras. Makanya vaksinasi wajib dilakukan.

    Injeksi vaksinasi pertama yang diberikan Kitten adalah paket vaksinasi (sekali suntik) Feline Panleucopenia, Rhinotracheitis, Calicivirus. Paket vaksinasi ini biasa disebut dengan Tricat atau Tetracat (Tricat + Chlamydia). Sebelum melakukan vaksinasi, dokter hewan atau yang biasa disebut drh melakukan pemeriksaan umum, apakah kondisi Kitten layak tidaknya untuk di vaksin dan menentukan paket vaksinasi mana yang sebaiknya diambil.

 Umur 12-14 minggu (3 Bulan+)
    Sebulan setelah vaksinasi pertama dilakukan, dilakukan pengulangan paket vaksinasi yang sama. Pengulangan dilakukan karena ada kemungkinan vaksinasi dari injeksi pertama dinetralkan oleh maternal antibody yang masih dimiliki. Pengulangan bertujuan untuk mem-booster terbentuknya antibodi yang lebih baik.

Umur 20 minggu (6 Bulan+):
     Masih ada lagi vaksinasi yang harus diterima Kitten, yakni injeksi vaksin Rabies. Vaksinasi ini sangat penting dilakukan di area yang belum bebas dari Rabies, seperti sebagian besar wilayah Indonesia. Vaksin diberikan kepada Kitten usia 3 bulan lebih.
Setelah ini vaksinasi untuk booster diulang sekaligus (Rabies + Tricat/Tetracat) setiap tahun.

Kucing diatas 6+ yang belum pernah divaksin:
- Pemeriksaan umum
- Pemberian obat cacing
- Vaksinasi Tricat (Feline Panleucopenia, Rhinotracheitis,Calici) Atau Tetracat (Tricat + Chlamydia)
- Vaksinasi Rabies

Catatan: 
- Selanjutnya vaksinasi dianjurkan diulang setahun sekali untuk menjaga kandungan antibodi dan kekebalan tetap tinggi.
- Simpan dengan baik kartu vaksin agar bisa memantau jadwal pemeriksaan & vaksin kucing kesayangan anda.
- Vaksinasi kucing anda dalam keadaan sehat, bukan saat kucing anda sedang terserang penyakit atau tidak fit.
Sumber 
- Majalah Flona Serial ‘Breeding Aneka Kucing Ras’
thumbnail Title : Vaksinasi Kitten / Anakan Kucing
Posted by : MEEOW HOUSE
Published : 2014-10-20T22:50:00+07:00
Rating : 5
Reviewer : 99999 Reviews